Belajar Mengenal Aplikasi Database SQL Server 2000

Belajar Mengenal Aplikasi Database SQL Server 2000
Perkembangan aplikasi database sudah sangat pesat sesuai tuntutan kemajuan jaman, mulai dari stand alone sampai client atau server. Aplikasi yang tadinya dibuat hanya dalam ruang lingkup intranet, sekarang sudah dikembangkan ke dalam model aplikasi internet. Database yang kompleks harus dikelola dengan sebaik mungkin, termasuk Database Management System (DBMS). Salah satu DBMS yang mengolah database dalam skala besar dan menyediakan fasilitas yang cukup banyak adalah SQL Server 2000.

Bagi Anda yang masih awam dalam hal pengolahan database, terutama pada pengolahan database menggunakan SQL Server 2000, maka dalam artikel belajar komputer kali ini kita akan bahas pengenalan aplikasi database SQL Server 2000. SQL Server 2000 adalah salah satu produk Database Management System (DBMS) yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Aplikasi ini banyak digunakan oleh toko yang menjual beragam produk dalam satu tempat. Misalnya toko obat, minimarket, toko swalayan, dan lain-lain.

Salah satu buku panduan belajar SQL Server 2000 yang saya favoritkan adalah karya Bunafit Nugroho, diterbitkan oleh Penerbit Gava Media. Panduan belajar aplikasi database melalui buku tersebut akan sangat membantu Anda dalam menguasai belajar komputer SQL Server 2000. Buku tersebut menyatakan bahwa SQL Server 2000 memiliki dua buah fitur di dalam mengelola database, yaitu:

1. Menggunakan Enterprise Manager.

Fitur ini relatif mudah digunakan karena mode pengelolaannya berbasis GUI (Graphic User Interface). Oleh karena itu, untuk mengoperasikannya cukup dengan metode clik dan drag. Anda dapat membuat database dan tabel serta manajemen database yang lain dengan mudah. Interface yang sederhana ini menjadi ciri khusus produk Microsoft, bahkan dikembangkan dalam operating system terbaru Windows. Anda tinggal memperbanyak latihan sehingga makin mahir belajar komputer program aplikasi database ini.

2. Menggunakan SQL Query Analyzer.

Fitur ini menggunakan Transact SQL (perintah-perintah SQL) untuk mengelola database di dalam SQL Server 2000. Perintah-perintah Transact SQL merupakan pengembangan dari perintah-perintah SQL standard yang disesuaikan dengan manajemen database pada SQL Sever. Transact SQL memungkinkan Anda untuk dapat membuat database, membuat tabel, mengubah struktur tabel, menghapus database, menghapus tabel, menyisipkan data, mengubah data, dan lain-lain.

Semoga artikel belajar komputer mengenai pengenalan program aplikasi database SQL Server 2000 ini bisa berguna untuk Anda. Nantikan lanjutan artikel belajar SQL Server 2000 pada posting selanjutnya.

Belajar Mengenal Aplikasi Database SQL Server 2000
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky