Home / Tips / Microsoft Excel / Cara Menambah dan Menghapus AutoCorrect pada Microsoft Office Excel

Cara Menambah dan Menghapus AutoCorrect pada Microsoft Office Excel

Tahukah kalian bahwa Microsoft Office Excel menyediakan fasilitas yang digunakan untuk mengoreksi kata atau teks secara otomatis. Mengoreksi kata atau teks mempunyai pengertian mengganti teks yang diketikkan dengan teks lain secara otomatis. Meski secara otomatis, namun kita harus menuliskan kedua teks tersebut, teks yang akan diganti dengan teks pengganti, pada lembar kerja Microsoft Excel terlebih dulu.

Selain untuk mengoreksi teks secara otomatis, fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk mempersingkat dan mempercepat proses pengetikan. Misalkan, kita sering menggunakan teks “BELAJAR KOMPUTER”, maka kita bisa menuliskan teks tersebut dengan singkatan “KOMP”. Sehingga pada saat kita mengetik teks “KOMP” dan menekan spasi, maka Microsoft Office Excel akan langsung menggantinya dengan teks “BELAJAR KOMPUTER”. Tips ini akan membantu Anda menghemat banyak waktu kerja.

Lalu, bagaimana cara menambah atau menghapus fasilitas autocorrect pada MS Excel? Ikuti langkah-langkah berikut ini. Cara menambah atau membuat isi Autocorrect adalah sebagai berikut:

  • Pilih perintah menu Tools -> AutoCorrect sehingga muncul kotak dialog AutoCorrect.
  • Pada kotak dialog AutoCorrect, pastikan bahwa kotak cek Replace text as you type dalam keadaan aktif.
  • Ketik teks yang akan diganti pada kotak Replace dan teks pengganti pada kotak With.
  • Tekan tombol Add untuk menambahkan teks-teks tersebut pada daftar AutoCorrect dan klik OK.

Dengan memanfaatkan fasilitas autocorrect, kini Anda bisa bekerja dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, Microsoft Office Excel juga menyediakan fasilitas koreksi secara otomatis dengan mengaktifkan beberapa kotak cek yang terdapat pada kotak dialog AutoCorrect. Beberapa istilah yang perlu dipahami dalam menggunakan fasilitas AutoCorrect antara lain:

  • Correct Two Initial Capitals, berguna untuk mengoreksi teks yang memiliki dua huruf besar secara berurutan, contohnya “KOmputer” menjadi “Komputer”.
  • Capitalize first letter of sentences, berguna untuk mengganti huruf besar pada huruf pertama setiap teks.
  • Capitalize names of days, berguna untuk mengganti huruf pertama nama hari dengan huruf besar. Contoh: “tuesday” diganti “Tuesday”.
  • Correct accidental use of cAPS LOCK key, berguna untuk mengganti secara otomatis kesalahan ketik saat tombol kunci CAPS LOCK kebetulan aktif pada saat Anda mulai mengetik.

Itulah cara menambah AutoCorrect pada lembar kerja Microsoft Office Excel. Lalu, bagaimana cara menghapus AutoCorrect? Langkah-langkah menghapus AutoCorrect adalah sebagai berikut:

  • Kita dapat menghapus isi AutoCorrect dengan mengaktifkan kotak dialog AutoCorrect.
  • Dalam isi AutoCorrect tersedia banyak kata yang akan diganti. Pilih satu isian AutoCorrect pada daftar akan dihapus.
  • Jika Anda ingin menghapus isian tersebut, sorot kata atau kelompok kata tersebut dan tekan tombol Delete.
  • Untuk mematikan fungsi koreksi otomatis, pada kotak dialog AutoCorrect, matikan pilihan pada kotak cek Replace text as you type.

 

About vicky

Check Also

cara menulis rumus microsoft excel 2

Cara Membuat Rumus dan Memasukkan Rumus Microsoft Excel

Saat kita bekerja menggunakan Microsoft Office Excel, kita dapat menghitung data dengan menggunakan rumus yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *