cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word 2003 – layout

Artikel belajar komputer microsoft word mengenai cara menampilkan gambar pada microsoft telah selesai dibahas,  sekarang saatnya membahas mengenai cara mengantur penempatan gambar atau layout gambar pada microsoft word.

1. Sebagai latihan coba tampilkan gambar pada lembar kerja microsoft word seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. sebagai contoh gambar yang saya tampilkan pada jendela microsoft word adalah gambar menara seperti di bawah ini.

sebelum mengatur layout atau penempatan gambar, akan saya bahas cara untuk memperbesar dan memperkecil ukuran gambar. Klik pada gambar menara tersebut, sehingga pada sisi sisinya terdapat tanda kotak kecil seperti titik (yang saya lingkari merah), fungsi dari kotak kecil pada sisi gambar tersebut berguna untuk membesarkan dan mengecilkan gambar, caranya arahkan mouse pada salah satu kotak kecil tersebut maka mouse pointer akan berubah menjadi tanda  <->, klik dan tahan mouse anda kemudian tarik ke arah luar gambar untuk memperbesar dan ke arah dalam gambar untuk memperkecil gambar.  sudah paham kan ??

cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word
2.  Jika sudah paham cara memperkecil dan memperbesar gambar, sekarang saatnya belajar mengatur layout atau penempatan gambar pada microsoft word.  Pada dasarnya mengatur layout di sini adalah mengatur penempatan gambar pada teks atau naskah. ada beberapa macam penempatan gambar pada naskah : in line with text (maksudnya gambar berada pada satu baris dengan text), Square (gambar bisa dimasukkan ke dalam text, sehingga teks akan menyelimuti gambar, batasan gambar dengan text akan berbetuk garis lurus meskipun gambar mempunya lengkukan), Tight (hampir sama dengan square, hanya saja batasan tepi gambar dengan text akan mengikuti lekukan gambar), behind text (gambar berada pada bagian bawah text ), in front of text (gambar berada bagian atas text, teks akan tertutup oleh gambar jika diletakkan diatasnya)

Setelah gambar ditampilkan, berikan beberapa paragraf naskah dibawah gambar tersebut.  karena jika tidak ada naskah, kita tidak akan tau perubahan dari layout yang kita lakukan.  kemudian klik kanan pada gambar tersebut, lalu pilihlah menu Format picture
cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word
3.  Sesaat kemudian akan tampil jendela format picture, pilih tap layout, sekarang kamu bisa memilih salah satu format layout yang kamu butuhkan.   in line with text (maksudnya gambar berada pada satu baris dengan text),
cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word

Square (gambar bisa dimasukkan ke dalam text, sehingga teks akan menyelimuti gambar, batasan gambar dengan text akan berbetuk garis lurus meskipun gambar mempunyai lengkukan), lihat gambar di bawah

cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word

Tight (hampir sama dengan square, hanya saja batasan tepi gambar dengan text akan mengikuti lekukan gambar),  gambar di bawah ini merupakan contoh layout Square) lihat gamar di bawah
cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word

behind text (gambar berada pada bagian bawah text ), lihat gambar di bawah
cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word
in front of text (gambar berada bagian atas text, teks akan tertutup oleh gambar jika diletakkan diatasnya) lihat gambar di bawah.
cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word

sudah paham kan mengenai jenis jenis penempatan gambar pada microsoft word, kamu bisa memilih salah satu format sesuai dengan format yang kamu butuhkan.

jika sudah dipilih salah satu format layout, klik pada tombol OK. selamat mencoba ya…. jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini.


cara mengatur penempatan gambar pada microsoft word 2003 – layout
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky