Cara Menjalankan Aplikasi Database SQL Server 2000 Menggunakan Query Analyzer

Artikel kali kita akan membahas kelanjutan artkel sebelumnya mengenai cara menginstall SQL Server 200, dan sekarang akan membahas mengani cara menjalankan aplikasi database SQL Server 2000 dengan menggunakan Query Analyzer. Bagaiamana cara menggunakan Query Analyzer?

Cara Menggunakan Query Analyzer Database SQL Server 2000

Untuk memulai membuat database pada SQL Server, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuka media yang digunakan untuk pembuatan database beserta tabel-tabelnya. Pada SQL Server 2000 Anda dapat menggunakan Query Analyzer. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Query Analyzer:

  1. Untuk memulai pembuatan database, langkah pertama adalah membuka Query Analyzer dengan cara membuka komputer Anda. Pilih Start -> All Programs -> Microsoft SQL Server -> Query Analyzer.
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Connect to SQL Server, kotak dialog ini digunakan untuk pengkoneksian pengguna ke layar SQL Server. Untuk penggunaan koneksi, Anda harus mengikuti sistem yang telah dibuat pada saat proses penginstalan SQL Server 2000. Dalam hal ini, pengguna dapat menentukan dua pilihan koneksi, yaitu Windows authentication atau menggunakan Mixed Mode. Jika Anda memilih Mixed Mode, maka Anda harus menentukan Login Name dan Passwordnya. Dan jika Anda menggunakan Windows authentication, Anda dapat langsung mengakses ke layar utama.
  3. Setelah pengguna melakukan koneksi ke SQL Server, jika Anda berhasil masuk, maka Anda akan disuguhkan sebuah layar tampilan SQL Server 2000.
  4. Query Analyzer ditampilkan dalam dua jendela, yaitu Object Browser dan Query Windows. Jika jendela Object Browser tidak muncul, maka klik tombol Object Browser pada toolbar, atau tekan tombol F8, atau pilih menu Tools -> Object Browser -> Show/Hide.

Query Analyzer memberikan sejumlah jendela, kotak dialog, dan wizard yang dapat membantu Anda untuk mengelola database serta data yang tersimpan di dalamnya. Dari sini, Anda bisa mulai menginput data dan melakukan setting database. Pembahasan selengkapnya mengenai Query Window dan Object Browser akan kita kupas dalam artikel selanjutnya. Nantikan tips dan trik belajar komputer hanya di website ini. Ayo belajar komputer!

Cara Menjalankan Aplikasi Database SQL Server 2000 Menggunakan Query Analyzer
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky