Cara merawat Komputer PC atau personal computer

gambar komputer

Orang awam kebanyakan mungkin akan bingung apa yang harus dilakukan ketika merawat PC sendiri. Umumnya mereka menyerahkan kepada orang lain yang lebih mengerti. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan tentang komputer. Namun alangkah lebih baik jika kita merawat komputer sendiri. Selain lebih hemat, kita juga mengurangi kemungkinan untuk kerusakan yang lebih besar.

Sebenarnya melakukan perawatan pada komputer rumah anda tidaklah sulit. Anda hanya memerlukan cara dan alat yang tepat untuk merawat komputer. Apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat PC dapat kami rangkum sebagai berikut:

Membersihkan perangkat keras dari debu

Debu adalah musuh utama PC anda. Debu membuat pelepasan panas menjadi kurang optimal. Hal ini dapat menyebabkan suhu tinggi pada PC anda yang rawan terhadap kerusakan. Anda membutuhkan obeng, hair dryer dan penyedot debu untuk melakukannya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka PC menggunakan obeng yang tepat. Obeng yang tidak pas bentuk dan ukurannya akan merusak mur pada PC anda.
  • Lepas komponen pada bagian dalam PC, gunakan pula obeng yang tepat. Sebelumnya anda harus mengenali atau menandai posisi kabel yang saling menancap itu.
  • Setelah itu semprot komponen yang sudah dilepas dengan menggunakan hair dryer. Gunakan mode angin saja, jangan pakai panas karena akan merusak komponen.
  • Bersihkan casing atau wadah PC anda dengan penyedot debu, lalu lap hingga bersih.
  • Setelah itu pasang kembali semua komponen seperti semula. Software Perawatan PC

Setelah itu anda bisa menghidupkan kembali PC anda. Kami sarankan anda untuk belajar dari teknisi bagaimana cara untuk membersihkan komputer. Caranya adalah anda cukup menyewa jasa satu teknisi untuk membersihkan PC, namun harus di rumah anda. Rekam cara kerja mereka dengan video, foto atau catatan. Setelah itu anda akan tahu bagaimana cara membersihkan PC.

Cara merawat Komputer

Membersihkan perangkat lunak dari sampah

Tidak hanya manusia yang menghasilkan sampah. Sistem operasi pun menghasilkan sampah. Sistem operasi yang banyak digunakan orang ada dua, yakni:

  • Windows (XP, Vista, 7, 8) dari Microsoft Corporation.
  • Linux (Ubuntu, Mint, Fedora) dari Linux Foundation dan penerbit lainnya.

Namun umumnya masyarakat Indonesia menggunakan sistem operasi Windows dari Microsoft. Sistem operasi ini perlu dibersihkan secara berkala supaya kinerjanya tetap prima. Salah satu cara untuk membersihkan sistem operasi Windows adalah dengan aplikasi bernama ccleaner.Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Selain itu anda dapat mempercepat komputer anda dengan mengurangi aplikasi yang dijalankan saat startup. Fitur ini juga terdapat di ccleaner. Sedangkan hal lain yang perlu anda lakukan adalah mengupdate anti-virus anda untuk memastikan bahwa antivirus anda mendapatkan informasi terbaru mengenai virus komputer sehingga dapat mengenali virus dengan baik.

Demikian beberapa cara untuk merawat PC anda sendiri. Dengan ini anda tidak membutuhkan orang lain dalam melakukan perawatan. Selain itu anda juga mengurangi kemungkinan PC anda lebih cepat rusak karena pemakaian. Selamat mencoba!

Cara merawat Komputer PC atau personal computer
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky