Home / Basic / Convert Word to PDF menggunakan software

Convert Word to PDF menggunakan software

Convert Word to PDF menggunakan software

Untuk anda yang tidak memiliki Microsoft Office 2007, tentu saja akan kesulitan dalam memindah format Microsoft Word menjadi PDF seperti yang kami bahas dalam artikel kami sebelumnya mengenai convert Word to PDF menggunakan Microsoft Word 2007. Akan tetapi anda sebenarnya masih bisa melakukan convert file dari Word ke PDF menggunakan software gratis yang tersedia di internet. Software-software yang dapat anda gunakan untuk melakukan convert file Word ke PDF antara lain adalah PrimoPDF dan doPDF.

Bagaimana untuk mendapatkan PrimoPDF? Caranya gampang sekali. Anda tinggal buka Google lalu ketikkan PrimoPDF sebagai kata kunci. Hasil pencarian paling atas dalam mesin pencari tersebut adalah website resmi PrimoPDF. Anda dapat mengunduh software PrimoPDF dari website tersebut. Cara instalasinya pun mudah, setelah selesai mengunduh, anda tinggal mengklik dua kali file instalasinya dan ikuti segala macam langkah yang diperintahkan oleh pembantu instalasi tersebut. Setelah PrimoPDF berhasil diinstall, anda sudah bisa melakukan convert file Word to PDF. Anda cukup membuka aplikasi PrimoPDF dan memilih file Word yang akan diconvert ke PDF. Lalu anda klik pada pilihan convert PDF dan voila! File Word yang anda pilih tadi secara otomatis telah berubah ke format PDF. Ya, segampang itu saja, tidak ada yang lain.

Selain aplikasi PrimoPDF, aplikasi lainnya adalah doPDF. Software ini juga gratis. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dalam penggunaan doPDF dibanding PrimoPDF. Software ini akan berlaku sebagai printer virtual. Jika anda ingin menyimpan salinan dalam bentuk PDF, anda dapat melakukannya dari seperti mencetak pada printer. Anda dapat mengubah format file apa saja menjadi PDF, asalkan anda memiliki program untuk membukanya. Misalnya anda dapat mengubah format gambar menjadi PDF, bisa juga. Anda tinggal membuka Paint, buka gambar anda lalu pilih menu print. Dalam dialog printer tersebut, pilh doPDF sebagai printernya. Setelah anda klik Print sebuah dialog box Save As akan disuguhkan kepada anda dan anda dapat memberi nama dan memilih lokasi file PDF anda disimpan.

Lantas bagaimana jika ingin melalukan convert PDF to Word?

Dari berbagai sumber yang kami baca dan pernah kami aplikasikan, ada beberapa petunjuk bahwa file PDF juga dapat diconvert ke Word. Caranya adalah menggunakan software PDF to Word yang diberi nama PDF2Word. Software ini dapat anda dapatkan pada situs resminya. Anda dapat mengetikkan “PDF2Word” di kolom pencarian Google dan yang tampil halaman pertama paling atas adalah situs resmi dari PDF2Word. Seperti PrimoPDF dan doPDF, software ini tentu saja harus diinstall terlebih dahulu supaya bisa digunakan.

PDF2Word dapat mengekstrak file PDF menjadi Word. Tentu saja hal ini harus dilakukan jika ingin mengedit file tersebut karena editing tidak dapat dilakukan pada PDF. Namun jika file PDF aslinya tidak dibuat dari Word, maka hasil ekstrak tersebut tidak dapat dijamin tata letaknya akan bagus. Bahkan dari pengalaman kami, file PDF yang dibuat dengan Word pun ketika diekstrak menggunakan PDF2Word tidak dapat menghasilkan file Word dengan tata letak yang sama dengan file Word sebelum diconvert menjadi PDF. (iwan)

About vicky

Check Also

tips membeli komputer bekas

Bagaimana Tips membeli CPU atau Komputer bekas

Tips membeli CPU bekas Setiap orang pasti suka dengan barang murah, bisa dikatakan akan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *