Home / Basic / Kekurangan yang dimiliki antivirus Free Avira

Kekurangan yang dimiliki antivirus Free Avira

antivirus Free Avira

Setiap produk pasti memiliki kelebihan, namun bersamaan dengan kelebihan pasti ada kelemahan. Hal ini adalah wajar karena sebuah produk, utamanya antivirus adalah buatan manusia yang pasti meninggalkan kelemahan di sana-sini. Dan ini juga terjadi pada antivirus yang berlogo payung ini, tentu saja yang dibahas adalah yang versi gratis. Free Avira tentu saja memiliki kekurangan yang sering dikeluhkan penggunanya. Salah satu kesalahan yang terkadang cukup fatal adalah mendeteksi file berekstensi .exe yang tidak memiliki sign perusahaan. Seringkali file .exe dianggap virus, padahal bukan. Utamanya adalah file-file crack atau software yang bukan dari penerbit besar.

Masalah yang lain adalah tidak adanya fitur scanning folder. Hal ini menyebabkan kita membutuhkan waktu yang lama untuk scanning drive yang filenya sangat banyak. Namun tidak masalah jika anda sudah pernah menscan seluruh drive anda, maka selanjutnya scan akan dilakukan file per file yang anda akses. Menurut beberapa pengguna, ada kelemahan lainnya yang cukup mengganggu yakni munculnya iklan pada saat update. Namun sebenarnya ini bisa dimaklumi sebagai resiko menggunakan software gratisan. Lagipula iklannya juga tidak aneh, hanya iklan dari Avira sendiri.

Iklan-iklan ini sebenarnya bisa tidak dimunculkan. Anda bisa membaca beberapa tutorial di internet yang membahas tentang hal ini. Penulis secara pribadi membiarkan saja apa adanya karena merasa tidak terganggu dengan iklan tersebut. Masalah yang lain namun tidak terlalu penting adalah tidak adanya fungsi maximize pada jendela Free Avira sehingga ukuran jendelanya tetap seperti itu dengan layar sebesar apapun. Mengenai kesalahan deteksi, ada kebalikan dari keluhan yang pertama, yakni adanya malware atau virus yang tidak terdeteksi. Namun ini juga merupakan kewajaran, dimana antivirus gratis lain juga mengalaminya. Free Avira bukan satu-satunya yang memiliki kelemahan ini tentunya.

Memang mengetahui kelebihan antivirus saja tidak cukup untuk menjadi pertimbangan, oleh karena itu kami membahas juga kelemahannya. Dengan ini pengetahuan kita akan lebih seimbang dan kita dapat menentukan dengan mantap antivirus gratis apa yang akan kita pasang dalam komputer. Pengalaman pribadi penulis, menggunakan Free Avira saja sudah cukup untuk menghalau semua virus. Sarannya adalah sering-sering update dan berhati-hati dalam bertukar data dengan siapapun dengan media apapun. Maka dengan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa jika anda membutuhkan antivirus gratis yang cepat dan ringan, maka Free Avira dapat menjadi salah satu pilihan.

Mungkin informasi diatas masih belum lengkap, namun rasanya cukup untuk menjadi pertimbangan untuk memilih antivirus, terutama yang gratis. Namun penulis rasa cukup untuk menjadi pertimbangan. Jika anda memiliki pengalaman lain dalam menggunakan antivirus, baik Free Avira maupun antivirus yang lain, anda dapat membaginya dengan kami semua disini melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat. (iwan)

About vicky

Check Also

tips membeli komputer bekas

Bagaimana Tips membeli CPU atau Komputer bekas

Tips membeli CPU bekas Setiap orang pasti suka dengan barang murah, bisa dikatakan akan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *