Kelebihan antivirus Free Avira

Avira adalah salah satu antivirus buatan Jerman yang sudah terkenal luas di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Ada dua versi Avira, yakni Avira Free dan Avira Premium. Dari namanya saja tentu anda dapat menebak bahwa yang pertama gratis, yang kedua adalah berbayar. Free Avira 2012 termasuk dalam jajaran antivirus terbaik tahun ini bersanding dengan AVG, Panda, Comodo, Avast dan Ad-Aware menurut situs PCMag.Com. Dikarenakan situs yang mengelompokkan ini adalah situs yang kredibel, tentu saja hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Antivirus yang khas dengan logo payungnya ini memang memiliki standar yang cukup tinggi dalam memeriksa sebuah file.  Kelebihan antivirus Free Avira

Kelebihan pertama yang sangat disukai oleh penggunanya adalah proses instalasi yang mudah bahkan untuk orang awam sekalipun. Proses instalasinya juga cepat dan tidak memakan memori yang besar. Beberapa antivirus memang memiliki kelemahan dalam manajemen memori sehingga jika diinstall malah menyebabkan komputer sangat lambat, terutama komputer dengan spek yang sedikit tertinggal. Avira adalah satu dari beberapa antivirus yang tidak memakan banyak memori dan CPU komputer.

Ukuran software Avira yang tidak besar juga menjadi keunggulan lainnya. Proses download bisa menjadi lebih cepat. Hal ini selaras dengan kualitas koneksi internet di Indonesia yang bisa dibilang menyedihkan, sehingga bisa menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia. Selain ukurannya tidak besar, Free Avira juga tersedia untuk berbagai macam Sistem Operasi seperti Windows XP, Windows 7, Linux dan Macintosh. Dengan ini semua orang dengan berbagai macam sistem operasi dapat menggunakan Free Avira dengan baik. Antivirus ini juga sangat kompatibel dengan antivirus lokal, sebagai contoh adalah bisa disandingkan dengan SMADAV tanda dianggap sebagai Malware.

Untuk urusan update, Free Avira jagonya. Anda dapat melakukan update secara online atau offline. Jika koneksi anda mumpuni, anda dapat melakukan update secara online. Namun jika koneksi anda sedang parah, anda bisa pergi ke warnet terdekat, mendownload update offline lalu memasangnya di komputer anda. Update versi pun juga sering dilakukan. Dulunya antivirus ini bernama Antivir, lalu berubah menjadi Free Avira dan yang terakhir adalah Free Avira 2012. Mengenai kemampuan membersihkan virus, memang tidak ada antivirus gratis yang mampu melakukannya dengan tuntas. Namun untuk mendeteksinya virus, worms atau trojan terbaru, Free Avira sangat akurat, asalkan anda juga sering mengupdatenya.

Anda yang sering memindahkan data pada flashdisk, harddisk eksternal atau apa saja, antivirus ini akan mengawasi dengan ketat tiap file yang lewat. Antivirus ini akan menolak autorun pada media apapun sehingga mencegah kemungkinan virus yang mengganggu kinerja komputer menyusup. Dari segi penampilan pun, Free Avira ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Tidak butuh waktu lama untuk memahami fungsi masing-masing fiturnya. Inilah yang mungkin menyebabkan Free Avira begitu ringan dan tidak memakan banyak memori.

Kelebihan antivirus Free Avira
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky