Kenali bagaimana Cara Kerja Komputer

 Cara kerja komputer

Ketika kita berbicara masalah cara kerja komputer, maka kita harus mengenal sistem komputer pada umumnya. Sistem komputer adalah suatu kumpulan dari beberapa elemen seperti perangkat keras, perangkat lunak dan penggunanya yang berinteraksi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi cara kerja komputer sangat ditentukan dari kinerja ketiga elemen yang disebutkan diatas. Jika antara satu dengan lainnya tidak ada interaksi, maka komputer tidak akan bekerja secara normal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

cara kerja komputer

Ciri-ciri sistem komputer modern antara lain sebagai berikut:

  • Menggunakan konsep IC lanjutan. IC merupakan singkatan dari Integrated Circuit atau sering disebut sebagai chip. IC merupakan perangkat semikonduktor yang banyak digunakan dalam perangkat elektronik pada umumnya dan komputer pada khususnya. Pada komputer, salah satunya adalah prosesor, memori dan chip northbridge dan chip southbridge. Semakin banyak chip terpasang pada suatu perangkat, utamanya komputer, semakin besar kemampuannya.
  • Menerapkan konsep stored program. Jika proses di dalam komputer berupa data belum diproses oleh prosesor dalam registernya, maka data disimpan terlebih dahulu dalam RAM. Hal ini bermanfaat agar komputer memiliki cadangan data ketika dalam prosesnya terjadi kesalahan. Oleh karena itu ada fitur Undo dan Redo ketika data yang belum diproses ada di RAM juga.
  • Menggunakan konsep encoder-decoder. Encoder adalah sebuah perangkat atau device yang digunakan sebagai pengubah bahasa yang dikenal manusia ke dalam bahasa yang dikenal oleh mesin atau dalam hal ini komputer. Sedangkan decoder sendiri adalah kebalikan dari encoder. Dengan adanya perangkat ini, maka seseorang yang melihat data kompleks menjadi lebih mudah dimengerti. Seperti misalnya file, folder atau tombol. Sedangkan bagi komputer, hal-hal itu dibaca dalam bentu biner yang sulit kita pahami.

Selain itu, kita juga harus mengenal perangkat lunak yang menjadi pemicu utama terjadinya proses di dalam komputer. Perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

  1. Perangkat lunak sistem operasi

Perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan seluruh kegiatan pada komputer. Sistem operasi adala perangkat yang berkomunikasi dengan perangkat keras. Komputer tidak akan berfungsi tanpa adanya sistem operasi. Peran sistem operasi adalah sebagai antarmuka dengan penggunanya. Tidak mungkin menjalankan perangkat lunak yang lain tanpa adanya sistem operasi. Contoh sistem operasi adalah Windows, Linux dan Macintosh.

  1. Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak ini diciptakan bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang spesifik dan khusus di bidang tertentu saja. Seperti misalnya Microsoft Word untuk text processing, Corel Draw untuk desain grafis, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga perangkat lunak aplikasi yang ditujukan untuk hiburan, misalnya pemutar video, mp3 dan juga game.

  1. Perangkat lunak bahasa pemrograman

Perangkat lunak ini diciptakan untuk membuat sebuah perangkat lunak aplikasi baru atau program. Perangkat lunak pemrograman ini adalah perangkat yang memudahkan pemakainya untuk menuliskan program tanpa harus bersusah payah. Contoh perangkat lunak jenis ini adalah Borland Delphi, Microsoft Visual Studio, Eclipse, Netbeans, dan lain sebagainya.

Demikian adalah pendahuluan mengenai cara kerja komputer. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas langsung kinerja komputer. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

Kenali bagaimana Cara Kerja Komputer
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky