Mari mengenal bahasa pemrograman Pascal

Bahasa pemrograman Pascal

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga membawa bahasa komputer atau bahasa pemrograman untuk berkembang dengan pesat hingga menjadi banyak bahasa yang kita kenal saat ini. Bahasa pemrograman yang terkenal diantaranya adalah C, C++, Basic, ADA dan Pascal. Saat ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman Pascal yang digunakan luas dan memiliki IDE bernama Borland Delphi.

mengenal bahasa pemrograman Pascal

Bagi kalangan IT tentu saja tidak asing dengan pemrograman Pascal ini yang merupakan salah satu bahasa tingkat tinggi atau bahasa yang mudah dipahami manusia sehingga memudahkan programmer melakukan pembuatan program atau aplikasi. Bahasa pemrograman Pascal adalah menggunakan sistem terstruktur yang tersusun atas sejumlah blok yang terdapat dalam pemrograman tersebut. Blok yang ada dalam pemrograman Pascal ini berbentuk kecil lalu dapatd ibuat untuk membuat blok yang lebih besar. Blok yang lebih besar ini disebut sebagai sub-program yang kemudian dibedakan menjadi prosedur dan fungsi yang digunakan dalam mengartikan suatu bahasa pada komputer yang dijalankan oleh pengguna.

Profesor Niklaus Wirth adalah penemu sekaligus pembuat bahasa pemrograman Pascal. Profesor Wirth adalah seorang anggota Internation Federation of Information Processing atau IFIP pada tahun 1971. Bahasa pemrograman ini diberi nama dari orang yang menemukan mesin hitung pertama kali, yakni Blaise Pascal yang merupakan seorang matematikawan asal Perancis. Bahasa pemrograman Pascal pertama kali diperkenalkan dan digunakan oleh Professor Wirth untuk membantu menjelaskan konsep pemrograman komputer dalam sebuah kelas yang dihadiri oleh murid-muridnya. Pembuatan program ini juga bermaksud untuk melengkapi berbagai bahasa pemrograman yang saat itu dirasa kurang lengkap, selain sebagai media pembelajaran yang seperti yang dimaksudkan.

Bahasa pemrograman Pascal ini masuk ke Indonesia sejak awal 1990-an dan memberikan kemudahan yang luas kepada penggunanya. Orang yang awam sekalipun dalam belajar komputer dapat mempelajari bahasa pemrograman ini asalkan bisa fokus dan dapat berpikir dengan logika yang kuat. Bahasa pemrograman ini sangat populer di Indonesia dengan compiler bernama Turbo Pascal yang diterbitkan oleh pembuat software Borland. Borland Turbo Pascal kemudian berevolusi menjadi Borland Delphi yang menambahkan unsur antarmuka grafis tiga dimensi ke dalam Pascal. Mayoritas program-program di Indonesia pada era 1990-2005 dibuat dengan menggunakan Pascal atau Delphi. Program itu mencakup kepustakaan, administrasi pemerintahan dan keuangan seperti kasir dan akuntansi.

Pascal juga merupakan bahasa pemrograman standar yang digunakan dalam Olimpiade Komputer International atau IOI yang diselenggarakan tiap tahun di negara-negara yang berbeda. Hal ini menyebabkan seleksi Tim Olimpiade Komputer Indonesia atau TOKI menggunakan standar bahasa pemrograman Pascal. Indonesia kerap kali memperoleh medali dalam beberapa cabang di IOI ini, sehingga nama Indonesia tidak dapat disepelekan dalam pemrograman Pascal. Nah, anda mau membawa nama Indonesia? Belajarlah bahasa pemrograman Pascal saat ini juga. (iwan)

Mari mengenal bahasa pemrograman Pascal
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5
Tags:

About vicky