Home / Basic / Mengenal Incremental VDF Update (IVDF)

Mengenal Incremental VDF Update (IVDF)

Incremental VDF Update IVDF

Pada bahasan yang lalu mengenai Free Avira telah kami sampaikan kepada anda tentang cara untuk melakukan update Free Avira dengan cara manual. Cara tersebut sangat efektif untuk anda yang harus mengupdate banyak komputer sehingga tidak perlu download berkali-kali. Cukup sekali saja dan anda dapat menggunakan fasilitas sharing file pada jaringan untuk membuatnya tersedia untuk semua komputer dalam jaringan.

Nah, pada kesempatan lalu tersebut ada file yang didownload menggunakan Avira Software Updater. File tersebut bernama ivdf_fusebundle.zip. File ini dinamakan IVDF atau Incremental Virus Definition File. IVDF berisi update dan program dan database virus. File zip ini pastinya akan diekstrak lalu dipindahkan berdasarkan fungsi masing-masing. Update untuk program Free Avira adalah file berekstensi .dll dan .exe, sedangkan file update database antivirus menggunakan file dengan ekstensi .vdf. Dengan melakukan update database virus terbaru, maka Free Avira dapat mengenali virus-virus baru yang berbahaya.

File update Free Avira berukuran tidak terlalu besar, tidak seperti pada versi sebelumnya, saat masih bernama Antivir. Seperti disebutkan diatas, file ini berisi update program dan database virus. Mengenai file update database virus terdiri dari file yang bernama vbaseXX.vdf. XX dalam hal ini diisi dengan nomor yang urut. Dalam Free Avira, file database dibuat dalam banyak file terpisah dalam setiap update sehingga ukurannya menjadi kecil. Namun ada beberapa file utama yang juga diupdate seiring dengan waktu. File utama ini ada tiga biji, yakni vbase0.vdf, vbase1.vdf dan vbase2.vdf. Berikut adalah penjelasan masing-masing file diatas:

  1. Vbase0.vdf adalah database virus utama yang disertakan pada saat instalasi Free Avira.
  2. Vbase1.vdf adalah database virus bulanan yang diupdate setiap bulan.
  3. Vbase2.vdf adalah database virus mingguan yang diupdate setiap minggu.

Sedangkan update-update lainnya hanya akan menambahkan file vbaseXX.vdf ke dalam sistem Free Avira.

Bagaimana jika proses update manual gagal?

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tentang cara update Free Avira secara manual, namun tidak membahas kegagalan dalam prosesnya. Kegagalan ini bisa saja terjadi, namun tidak sering. Jika ada kegagalan pada proses update secara manual, anda dapat mencoba untuk restart komputer anda dulu. Setelah itu baru anda lakukan langkah-langkah update Free Avira yang telah kami bahas sebelumnya. Jika proses update masih gagal, mungkin ada file program Free Avira yang rusak dan harus diinstall ulang.

Namun jika cara tersebut masih gagal, anda dapat mencoba alternatif ini:

  1. Extract file update yakni file ivdf_fusebundle.zip di sebuah folder baru.
  2. Services.msc dengan mengetikkan ke kotak dialog run (Windows XP) atau kotak pencarian di start menu (Windows Vista & 7).
  3. Akan tampil jendela “Services”. Pada kolom Name, carilah Avira Realtime Protection dan Avira Scheduler.
  4. Klik kanan pada Avira Realtime Protection, lalu pilih stop. Lakukan juga pada Avira Scheduler.
  5. Setelah itu copy semua file hasil extract dari file ivdf_fusebundle.zip tadi ke dalam instalasi Free Avira, replace saja file yang lama. Lokasi file instalasi Avira pada umumnya ada di: C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop
  6. Jika sudah selesai, anda dapat merestart komputer anda. Dan seharusnya Free Avira anda sudah terupdate dengan baik.

Demikianlah pembahasan kami tentang IVDF dan mengatasi kegagalan update avira secara manual. Semoga dapat membantu anda.

About vicky

Check Also

tips membeli komputer bekas

Bagaimana Tips membeli CPU atau Komputer bekas

Tips membeli CPU bekas Setiap orang pasti suka dengan barang murah, bisa dikatakan akan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *