Home / Hardware / Mengenal Kelebihan dan kekurangan Prosesor Intel Atom

Mengenal Kelebihan dan kekurangan Prosesor Intel Atom

Prosesor Intel Atom

Intel Atom adalah prosesor yang diproduksi oleh pabrikan Intel dengan teknologi “hafnium infused 45 nanometer high-k silicon” atau secara mudah dapat disebut dengan teknologi 45 nanometer. Prosesor ini memiliki luas kurang dari 26 mm persegi, namun mampu menampung 47 juta transistor. Dapat dikatakan bahwa ini adalah ukuran transistor paling kecil yang pernah digunakan di dunia. Selain ukurannya yang kecil, prosesor ini dikatakan memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga hemat energi. Konsumsi daya dari prosesor ini hanya sekitar 1-2,5 watt saja. Oleh karena itu prosesor ini sesuai dengan perangkat mobile karena hemat baterai. Dengan hemat baterai, maka perangkat mobile bisa menjadi benar-benar “mobile”.

Kelebihan dan kekurangan Prosesor Intel Atom

Meskipun diklaim sebagai prosesor terkecil, namun tentu saja hanya dapat menjalankan task atau tugas yang tidak terlalu berat dan spesifik saja. Prosesor ini sering dijadikan sebagai otak perangkat yang memiliki ukuran kecil dan tidak digunakan untuk pekerjaan berat seperti netbook. Pada umumnya netbook hanya digunakan untuk keperluan tertentu, yakni akses internet dan mengetik dokumen saja. Netbook merupakan perangkat yang lebih kecil daripada notebook atau laptop. Netbook ini memiliki fungsi yang lebih sederhana, digunakan untuk aplikasi ringan dan browsing internet. Intel Atom memang bagus jika digunakan untuk browsing internet. Beberapa merek netbook antara lain adalah HP Mini, Acer Aspire, Samsung NP dan lain-lain.

Seiring menjamurnya Tablet, ada juga beberapa tablet yang menggunakan Intel Atom sebagai prosesornya. Pada umumnya tablet yang menggunakan Intel Atom adalah tablet yang menggunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasinya. Selain itu, Intel Atom juga digunakan pada PC multimedia dan game, dimana sudah cukup memadai dengan dukungan teknologi Streaming SIMD Extensions 3. Namun bukan game 3D yang membutuhkan GPU berkecepatan tinggi. Game jenis 3D tidak akan berjalan mulus pada perangkat yang menggunakan Intel Atom.

Kelebihan dan kekurangan Intel Atom

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Demikian juga dengan prosesor Intel Atom ini yang akan kita bahas dalam penjelasan dibawah ini.

Kelebihan prosesor Intel Atom ini adalah:

  • Konsumsi daya lebih rendah, hanya 1-2,5 watt karena memiliki desain baru yang lebih efisien namun dengan performa yang lumayan bagus.
  • Penggunaan daya yang relatif rendah pada saat idle sehingga menghemat energi.
  • Memiliki harga yang cukup murah, bahkan versi desktop sudah termasuk satu bagian dengan motherboard.
  • Beberapa versi dari prosesor ini tidak lagi menggunakan kipas sebagai pendingin aktif, melainkan hanya menggunakan heatsink sehingga tidak berisik.

Kekurangan prosesor Intel Atom adalah:

  • Kinerja rendah dan tidak multicore, namun pada versi yang terbaru sudah multicore.
  • Aplikasi besar tidak dapat dijalankan pada prosesor ini.
  • Tidak memiliki dukungan terhadap grafis 3D dan turunannya, seperti game dan desain grafis.
  • Pada versi dekstop, motherboard menjadi satu dengan prosesor sehingga jika salah satu rusak maka harus mengganti semuanya sehingga lebih mahal. (insyaAlloh kerusakan ini jarang terjadi)

Nah, dengan informasi kelebihan dan kekurangan intel atom diatas, anda dapat memutuskan, apakah anda akan membeli perangkat dengan prosesor Intel Atom atau tidak. Semua disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda hanya membutuhkan perangkat untuk hal-hal yang ringan saja seperti kebutuhan mengetik dokumen atau browsing internet, tidak ada salahnya mempertimbangkan perangkat dengan prosesor Intel Atom yang memiliki harga lebih murah ini.

About vicky

Check Also

panduan memilih prosesor

Ketahui Panduan memilih prosesor yang sesuai karakter kamu

Panduan memilih prosesor Memilih prosesor bukanlah hal yang rumit di masa lalu, beberapa tahun yang …

3 comments

  1. Om, Prossesor netbook ane intel atom, 4 CPUs, @1,5GHz, nah totalnya berarti 6 GHz kan ya? Ko masih lemot sih? Padahal udah setara ama dual core kan ini??

  2. mas td djelaskan lw prosesor intel atom lbh co2k ntk mnjlalnkn aplkasi ringan dn intrnet, lw mengoperasikan photoshop tw pun corel draw, apa intel atom msih bsa bkerja dg baik? Trma kasih…..

  3. bisa kx,,,scuritynya aja jga,,,,,punya saya untel atom bisa ngangkat corel,3d,blender,dan java netbeans,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *