Mengenal seluk beluk Modem USB, bagaimana cara kerjanya

modem usb dan cara kerjanya

Modem USB

Saat ini teknologi komunikasi begitu canggih dan berkembang pesat. Rasanya baru kemarin kita mengenal jaringan komputer ada di Indonesia, melalui beberapa warnet. Namun saat ini teknologi jaringan komputer dapat kita bawa ke rumah kita tanpa repot. Kita dapat terkoneksi internet yang merupakan bagian dari jaringan komputer, yakni melalui USB modem. Dengan USB modem, koneksi internet dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel jaringan telepon. USB modem hadir sebagai solusi untuk mengakses Internet. Karena sifatnya tidak menggunakan kabel, maka modem USB tidak perlu menunggu untuk melakukan pendaftaran dan penggunaannya. Pengguna internet yang menggunakan kabel telepon rumah tentu saja harus menunggu berhari-hari supaya aplikasinya disetujui. Jika sudah disetujui, maka masih membutuhkan waktu hingga kabel terpasang. Waktu tunggu bisa lebih lama lagi jika ternyata jaringan kabel sudah penuh atau belum tersedia di tempat pelanggan.

Cara kerja USB modem

USB modem menghubungkan komputer anda ke operator penyedia jasa internet melalui sinyal EVDO untuk CDMA dan HSDPA untuk 3G/GSM. USB modem mirip dengan ponsel kita, hanya saja minus baterai dan layar serta dibuat sekecil mungkin. USB modem juga menggunakan chip SIM untuk GSM dan RUIM untuk CDMA. Banyak operator saat ini yang menawarkan layanan jasa internet dengan berbagai keunggulan masing-masing. Diantaranya adalah Telkomsel, Three, Indosat, Axis dan XL untuk 3G/GSM dan SmartFren, AHA dan Flexi untuk CDMA/EVDO. Kecepatan akses pada umumnya bergantung pada paket yang kita ambil. Namun ada juga operator yang menerapkan kecepatan maksimal namun diberikan batasan data yang dapat kita nikmati. Tentu saja paket-paket internet tersebut dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita akan internet. Selain bergantung pada paket internet yang kita beli, sinyal yang kita dapat juga menentukan kecepatan akses internet. Istilahnya, posisi menentukan prestasi.

Kebutuhan dalam menggunakan USB modem

USB modem tidak membutuhkan kabel dalam koneksinya. Modem USB sangat mudah dalam hal pengoperasiannya. Modem USB tidak hanya dapat digunakan tanpa kabel, namun juga portable atau dapat dipindah-pindah. Bahkan dalam perkembangannya saat ini, ada modem USB yang tidak hanya dapat dipakai satu komputer saja, namun dapat dibagi ke komputer lainnya dengan menggunakan router. Modem USB memiliki sistem aplikasi yang sudah terprogram dan dapat diinstall di perangkat yang cukup baru. Secara otomatis, perangkat dimana modem USB tersebut terpasang akan menginstall modem USB tersebut. Prosesnya pun tak lebih dari lima menit.

Modem USB memungkinkan perangkat ini dibawa kemana saja karena bentuknya yang kecil. USB modem merupakan dukungan terhadap aktivitas manusia saat ini, utamanya masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi, termasuk dalam menyelesaikan pekerjaan di perjalanan. Kondisi yang macet bisa membuang waktu dan harus dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, maka USB modem bisa jadi pilihan. Pekerjaan ini bisa berupa proposal, rencana kerja, schedule, biodata, laporan dan lain sebagainya. Banyak hal yang dapat diatasi dengan kecepatan akses teknologi yang sudah tidak dapat dipisahkan perannya dari kehidupan manusia. (iwan)

Mengenal seluk beluk Modem USB, bagaimana cara kerjanya
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky