Home / Basic / Mengenal software editing foto Adobe Photoshop

Mengenal software editing foto Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengedit foto atau citra yang dibuat oleh perusahaan Adobe Systems. Adobe adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan sejak tahun 1982 dan berkantor di San Jose, California. Pendiri Adobe adalah John Warnock dan Charles Geschke yang pernah bekerja di Xerox PARC. Mereka berhenti saat memutuskan untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi PostScript yang menjadi cikal bakal dari Portable Document Format (PDF).  software editing foto Adobe Photoshop

Sedangkan Photoshop sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengoreksi foto dan gambar dengan menambahkan efek. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh Adobe pada tahun 1989 yang merupakan program grafis untuk sistem operasi Macintosh dari Apple. Aplikasi ini diciptakan oleh Thomas dan John Knoll, kakak beradik lulusan University of Michigan. Adobe membeli lisensi pada September 1988 atau awal musim gugur padahal sofware ini baru dibuat oleh Knoll bersaudara 3 bulan sebelumnya.

Adobe Photoshop bersama Adobe Acrobat pernah disebut sebagai produk terbaik yang diproduksi oleh Adobe Systems. Software ini mendapatkan penghargaan Standar Internasional yakni ISO 32000-1 pada tahun 2007. Perangkat ini telah digunakan oleh fotografer digital, baik profesional maupun amatir. Desainer grafis dan perusahaan iklan juga menggunakan software ini. Perangkat ini menghasilkan popularitas tinggi bagi perusahaan Adobe Systems yang merupakan jajaran perintis sehingga tidak mudah disaingi. Dalam hal ini, Adobe Systems merpakan market leader bagi pasar perangkat lunak pengolah foto dan gambar.

Sejarah dan fitur yang ada pada Adobe Photoshop

Nama Thomas dan John Knoll tentu saja tidak akan lepas dari Photoshop, apalagi jika anda membaca splash screen yang muncul saat loading aplikasi ini. Pada awalnya Thomas Knoll menciptakan program yang menayangkan gambar format hitam putih ke dalam layar monochrome. Program ini dinamakan Display. John Knoll, saudara lelakinya yang bekerja di Industrial Light & Magic menyarankan agar disempurnakan dan dijadikan program editing atau koreksi gambar. Kolaborasi ini menciptakan Photoshop yang kemudian dijual lisensinya ke Adobe Systems.

Seiring dengan inovasi yang dilakukan dimana mereka masih terlibat di dalamnya, perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengoreksi gambar, menambahkan efek pada gambar, melakukan filtering, mengubah gambar, menyatukan beberapa gambar bahkan memproduksi gambar ringan untuk digunakan pada website. Beberapa versi terakhir kemudian dilengkapi dengan aplikasi tambahan yakni Adobe ImageReady. Photoshop tentu saja memiliki kaitan yang erat dengan perangkat lunak penyunting media, animasi dan authoring buatan Adobe yang lain. File format asli Photoshop yakni PSD dapat digunakan oleh Adobe Imageready.

Photoshop sendiri dapat menggunakan beberapa model warna, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. RGB color mode.
  2. Lab color model.
  3. CMYK color model.
  4. Grayscale.
  5. Bitmap.
  6. Duotone.

Demikian mengenai Adobe Photoshop yang dapat kita bahas saat ini. Dalam artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai versi-versi Adobe Photoshop dan dampaknya terhadap industri fotografi. (iwan)

About vicky

Check Also

tips membeli komputer bekas

Bagaimana Tips membeli CPU atau Komputer bekas

Tips membeli CPU bekas Setiap orang pasti suka dengan barang murah, bisa dikatakan akan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *