Home / Hardware / Pengertian dan Pengenalan Jenis-Jenis Printer

Pengertian dan Pengenalan Jenis-Jenis Printer

pengertian printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut.

Jenis Printer Dot Matrik
jenis printer dot metrix
jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.

Jenis Ink Jet
jenis printer ink jet
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Jenis Laser Jet
jenis printer laset jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.
belajar-komputer-mu.com,

About vicky

Check Also

panduan memilih prosesor

Ketahui Panduan memilih prosesor yang sesuai karakter kamu

Panduan memilih prosesor Memilih prosesor bukanlah hal yang rumit di masa lalu, beberapa tahun yang …

37 comments

  1. asy………………………………..ik

  2. yaaaccCCChhhhh,,,,,,,,,,,,, lumayan laCh bwt pngetahuan gW,,,,,,,,,,,,

  3. IKUTAN exxXiszzzzzzzzzzzzzzz ajaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh……………….,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,……….”””””””””””'<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>

  4. bgs nich… bwt kerja tugas…

  5. Terus berkarya…..biar yang lain bisa belajar dari blogini.

  6. makasih atas ilmunya bermanfaat sekali…!!!

  7. ilmunya bermanfaat sekali!!!

  8. thanks brottt…….ther…

  9. lumayan,tambah pngetahuan

  10. mmm kalo bisa lebih lengkap lagi yaaaa

  11. lumayan la bisa mengenal printer dikit2

  12. kurang lengkap.. mw ny lbih lengkap dunkkkk,,,,,

  13. pengertian dan pengenalan jenis-jenis printer

  14. mmhh…
    krng lengkap nih??
    mhn d lngkpn yya bwt tugas bleh jga nih

  15. kurang lenkap gambar printer na dan pegertian”an printer

  16. all bisa tolong lengkapi donk…

    kaarna kami jurursan sekrretaris butuh penjelasan tentang msin2 pengganda …

    disini kayak nya kurang lengkap…..

  17. kurang lengkap , lumayan bwt ngerjain PR …

  18. bagus deh.. 🙂

  19. kurang lengkap niii

  20. Ghiarana are know about it all. But Gee wanna say thank’s for anyone who’s making this article.

  21. bgs,,,,,
    ini cocok untuk blajar
    mudah di hafalin,,,,
    bgs,bgs,bgs,,,,,,,

  22. print ya keren-keren dan harganya pas banget untuk kegiatan di rumah tanks….

  23. tnk bwt info nya

  24. thanks sangat membantu.

  25. Berkat ini aku jadi bisa ngerjain tugas
    Thanks ya 🙂 (y)

  26. bro..ane mw beli printer yg bisa scan copy print merk ap y?
    tp ane mw yg tintanya diluar bro…
    thx before 🙂
    printer ap?
    merk ap?
    harganya?

  27. bagoooossss . .
    (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *