Pengertian Proxy dan kegunaannya dalam jaringan internet

Proxy saat ini menjadi hal yang sudah umum bagi pengguna internet. Pengguna internet, khususnya di tanah air memang sudah semakin banyak dan semakin mengerti tentang internet. Proxy ini adalah salah satu bentuk layanan internet yang memudahkan aktivitas berselancar di dunia maya yang mana sudah menjadi budaya dalam berbagai bidang kehidupan manusia dewasa ini. Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

pengertian proxy

Penggunaan jejaring sosial adalah salah satu contohnya. Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak bisa mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter di lingkungan kantor atau kampus jika menggunakan koneksi gratis dari tempat tersebut. Hal ini merupakan kebijakan dari pemilik koneksi, dalam hal ini kantor dan kampus supaya tidak adanya penyalahgunaan atau pecahnya konsentrasi bekerja dan belajar karena sibuk berjejaring sosial. Untuk mengakali pembatasan itu, maka digunakanlah proxy, dimana akan terlihat dari server kantor yang mengatur lalu lintas data, request yang anda lakukan adalah menuju server proxy, bukan server Facebook atau Twitter sehingga tidak akan ada pembatasan akses.

Dengan menggunakan proxy, maka topologi jaringan anda berubah. Semua paket data dari komputer anda tidak langsung menuju server yang diinginkan, namun menuju server proxy. Gambarannya adalah sebagai berikut:

Request/Permintaan

Komputer anda => Router Kantor/Kampus => Proxy => Server yang dituju

Reply/Tanggapan

Server yang dituju => Proxy => Router Kantor/Kampus => Komputer anda

Oleh karena hal ini, router kantor tidak mengerti bahwa sebenarnya paket data yang anda kirim menuju server lain, bukan proxy.

Selain itu, internet memiliki banyak kegunaan yang iantaranya bergaul di jejaring sosial, jual beli online, mencari lowongan pekerjaan, berbagi pengetahuan, ngeblog, mendownload file audio dan video, kuliah online dan lain sebagainya. Namun ada kalanya beberapa pengguna mengalami gangguan pada koneksi, terutama pada IP yang digunakan. Ada suatu keadaan dimana IP yang digunakan ditolak oleh suatu server karena berbagai hal. Salah satu cara untuk tetap bisa mengakses server tersebut adalah dengan menggunakan proxy. Ini adalah keuntungan proxy secara eksternal yang mana server yang anda tuju tidak mengetahui alamat IP anda yang asli. Alamat IP yang terdeteksi pada server yang dituju adalah alamat IP dari proxy, bukan milik anda karena secara teknis anda “diwakili” oleh proxy. Oleh karena itu server yang dituju tersebut mengijinkan anda untuk mengaksesnya. (iwan)

Pengertian Proxy dan kegunaannya dalam jaringan internet
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky