Perbedaan Microsot Office 2003 dan 2007

Microsoft sebagai pengembang aplikasi Office telah melakukan berbagai perubahan supaya pengguna bisa menafaatkan fitur baru dan fitur lama yang telah disempurnakan. Pengembangan ini dimaksudkan untuk memanjakan pengguna aplikasi Office keluaran Microsot ini. Dari beberapa versi yang dikeluarkan oleh Microsoft mulai awal tahun 90-an, seperti Office 95, Office 97, Office 2000, Office 2003, Office 2007 dan Office 2010 masing-masing telah mengalami perbaikan dari versi sebelumnya. Dari setiap versi yang ada, masing-masing memiliki perbedaan tampilan. Ada yang perbedaannya sedikit, ada pula yang perbedaannya cukup signifikan. Aplikasi Office dari Microsoft yang sampai saat ini masih banyak digunakan adalah Microsoft Office 2003 dan Microsoft Office 2007.

Perbedaan Microsot Office 2003 dan 2007

Ada perbedaan yang mendasar pada Offce 2007 dengan Office 2003, yakni pada tampilan. Jika sudah terbiasa menggunakan Office 2003, maka bisa jadi akan mengalami sedikit kesulitan saat menggunakan Office 2007. Hal ini dikarenakan pada Office 2007 yang merupakan pengembangan Office 2003 memiliki desain tampilan dan fitur yang sangat radikal. Namun yang pasti ditawarkan oleh Microsot, perkembangan Office 2003 menjadi Office 2007 dan Office 2010 ini menawarkan fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Perbedaan yang paling menonjol pada Office 2007 dan Office 2003 adalah dari layout dan tata letak menu. Perubahan tersebut faktanya justru membuat kebanyakan pengguna bingung karena harus mengeluarkan waktu ekstra untuk mengadaptasikan diri dengan tampilan baru. Tampilan Office 2007 sudah modern dengan membuka semua menubar dan menampilkannya sebagai gambar.

Hal ini tentu berbeda dengan penampilan Office sebelumnya yang mana menu pilihan pada menu bar ditampilkan dalam bentuk teks. Pada bagian antar muka Office 2007 memberikan tiga pilihan warna latar belakang, yakni biru, silver dan hitam. Hal ini tentu saja berbeda dengan versi sebelumnya yang tidak memberikan pilihan warna latar belakang dan hanya terdapat warna putih saja sebagai latar belakang. Untuk mencari fitur akan lebih cepat pada versi 2007 ini karena semuanya ditunjukkan dalam bentuk gambar yang dapat diamati satu persatu tanpa harus membuka-buka menu bar. Menu bisa dipilih dengan cepat hanya dengan sekali klik saja, tidak seperti pada versi sebelumnya yang harus melakukan klik lebih banyak karena membuka banyak menu untuk menampilkan fitur yang ada.

Selain itu, ada juga fitur yang mempercepat membuka dokumen yang terakhir kali dibuka. Dokumen yang pernah anda buka akan ditampilkan dalam satu kali klik. Sedangkan pada versi sebelumnya anda harus melakukan beberapa klik untuk melihat dokumen yang pernah dibuka. Ada lagi hal yang memudahkan dalam Office 2007, yakni jika anda membutuhkan menggambar dengan menggunakan Shape, maka akan lebih mudah. Hal ini dikarenakan semua fitur Shape sudah diperlihatkan dan pengguna tinggal memilih yang cocok sesuai kebutuhan. Tentu saja ini berbeda dnegan versi 2003 dimana anda harus membuka satu persatu menu Shape untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Demikian ulasan singkat kami mengenai Office 2003 dan Office 2007. Semoga bermanfaat. (iwan)

Perbedaan Microsot Office 2003 dan 2007
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky