Sistem operasi Macintosh 10.6: Snow Leopard

Macintosh 10.6

Ada beberapa sistem operasi yang populer digunakan di dunia ini, seperti Windows dari Microsoft, Linux dari Linux Foundation dan Macintosh dari Apple. Macintosh adalah sistem operasi yang pertama kali dibuat oleh Apple, merupakan turunan dari Unix. Kita akan membahas sistem operasi Macintosh yang terbaru yakni Macintosh versi 10.6 dengan kode nama Snow Leopard.

Snow Leopard? Apa pula itu?

Snow Leopard adalah kode nama yang diberikan pada sistem operasi Macintosh yang masuk di versi 10.6 dimana versi ini adalah peningkatan dari versi Mac OS X Leopard (10.5). Penyempurnaan dan peningkatan terjadi pada efisiensi penggunaan memori dan performa yang ditunjukkan dalam hal grafis. Jika anda memutakhirkan Mac anda, pada awalnya anda tidak akan menemukan banyak perbedaan karena ini hanya versi minor dari sebelumnya.

Mac yang kompatibel dengan Snow Leopard

Snow Leopard dikembangkan khusus untuk arsistektur x86 atau Intel CPU. Semenjak Leopard dikeluarkan, Apple tidak lagi mendukung arsitektur PowerPC. Oleh karena itu, apapun versi perangkat keras Mac yang anda punya, selama menggunakan CPU dengan arsitektur Intel x86, maka bisa dilakukan upgrade ke Snow Leopard. Produk yang tidak kompatibel dengan Snow Leopard karena memakai arsitektur PowerPC adalah iBook, Power Mac, PowerBook, iMac G3 hingga G5 dan Mac Mini G4. Anda dapat melihat model Mac anda di website Apple dengan mencocokkan spesifikasi dan modelnya jika tidak yakin. Setidaknya dibutuhkan ruang kosong 5 GB dan RAM minimal 1 GB untuk dapat menginstall Snow Leopard. Umumnya Mac yang menggunakan CPU Intel sudah dilengkapi RAM sebesar 2 GB sehingga anda tinggal mengurus masalah harddrive anda saja dengan membesihkan atau memindahkan file-file anda.

Kelebihan dari Mac OS X Snow Leopard

Snow Leopard sudah menggunakan teknologi proses data 64-bit. Hal ini berarti aplikasi dapat dijalankan dengan cepat dan stabil dengan tingkat keamanan yang tinggi. Snow Leopard mengelola sumber-sumber yang diperlukan supaya aplikasi dapat berjalan mulus dan cepat dengan menggunakan Grand Central Dispatch. Snow Leopard membuat Mac anda menjadi lebih cepat dalam hal booting, sleeping dan shutdown. Hal lainnya adalah kecepatan yang signifikan dalam finder and join network. Setidaknya, Snow Leopard lebih hemat ruang harddisk 6 GB daripada pendahulunya.

Mac OS X Snow Leopard diberi fungsi Time Machine yang merupakan fasilitas backup dengan kecepatan kinerja 50 persen lebih cepat daripada sebelumnya. Versi Mac ini adapat mengenali bermacam koneksi lebih cepat dan mengurangi timbulnya error ketika melakukan eject removable drive seperti flashdisk. Quick Time X dalam Snow Leopard juga diperbarui dengan kontrol dan bar yang dapat menghilang otomatis saat tidak digunakan. Dock juga menambahkan fitur Expose dalam setiap aplikasinya.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang dapat anda nikmati dari Snow Leopard, meskipun ini hanya update minor saja. Anda dapat melakukan upgrade Mac anda dengan membeli paket yang tersedia di website atau toko resmi yang ditunjuk oleh Apple Corporation. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

Sistem operasi Macintosh 10.6: Snow Leopard
Reviewed by vicky on
Rating: 4.5

About vicky